Diabetes Melitus

Diabetes Melitus adalah salah satu penyakit yang berbahaya yang kerap disebut sebagai silent killer selain penyakit jantung, Orang lazim menyebutnya sebagai penyakit gula atau kencing manis. sebenarnya apa penyebab terjadi nya penyakit diabetes melitus?

Sebelum menjelaskan lebih lanjut soal penyebab dan cara perawatan pasien diabetes melitus ada baiknya kita simak dulu definisi mengenai diabetes melitus itu sendiri. Diabetes mellitus atau penyakit gula atau kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang melebihi normal (hiperglikemia) akibat tubuh kekurangan insulin baik absolut maupun relatif.


Penderita diabetes melitus rawan terhadap amputasi apabila terdapat luka pada kaki mereka. liyut sendiri beberapa hari lalu baru saja menjenguk paman yang kaki nya terpaksa harus diamputasi akibat luka diabetes. sebenarnya apa sih yang menyebabkan luka pada penderita diabetes sulit sembuh?

Diabetes melitus disebabkan oleh rusaknya sebagian kecil atau sebagian besar dari sel-sel betha dari pulau-pulau Langerhans pada pankreas yang berfungsi menghasilkan insulin, akibatnya terjadi kekurangan insulin.

Disamping itu diabetes melittus juga dapat terjadi karena gangguan terhadap fungsi insulin dalam memasukan glukosa kedalam sel. Gangguan itu dapat terjadi karena kegemukan atau sebab lain yang belum diketahui

Diabetes Melitus itu sendiri juga digolongkan berdasarkan tipe yaitu Diabetes Melitus Tipe 1 yang lebih dikenal dengan Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM) yang timbul akibat tubuh kekurangan insulin dan Diabetes Melitus Tipe 2 yang lebih dikenal dengan Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM) yang diakibatkan oleh tidak berfungsi dengan baiknya insulin dalam tubuh.

Beda jenis diabetes nya beda pula cara perawatannya. saat ini yang liyut rasa selain pengobatan diabetes melitus secara medis sudah banyak penderita diabetes melitus yang melakukan pengobatan alternatif untuk menatralisir kadar gula dalam darah mereka. penyakit diabetes melitus ini merupakan salah satu penyakit keturunan.

Penderita diabetes tipe 1 atau Insulin Dependent Diabetes Mellitus umumnya menjalani pengobatan therapi insulin (Lantus/Levemir, Humalog, Novolog atau Apidra) yang berkesinambungan, selain itu adalah dengan berolahraga secukupnya serta melakukan pengontrolan menu makanan (diet). Silahkan merujuk ke google untuk informasi lebih lanjut soal Insulin Dependent Diabetes Mellitus Treatment.

Pada penderita diabetes mellitus tipe 2 alias Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus, The treatment for Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus yaitu penatalaksanaan pengobatan dan penanganan difokuskan pada gaya hidup dan aktivitas fisik. Pengontrolan nilai kadar gula dalam darah adalah menjadi kunci program pengobatan, yaitu dengan mengurangi berat badan, diet, dan berolahraga. Jika hal ini tidak mencapai hasil yang diharapkan, maka pemberian obat tablet akan diperlukan. Bahkan pemberian suntikan insulin turut diperlukan bila tablet tidak mengatasi pengontrolan kadar gula darah

Nantikan artikel selanjutnya dari liyut tentang kesehatan seperti penyakit DM alias diabetes melitus ini ya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

AC SPLIT

Menghitung Headloss